Minggu, 26 Oktober 2008

Pentingnya Tes Buta Warna Sebelum Mendaftar Kuliah

Hampir sebagian besar calon mahasiswa melupakan untuk melakukan tes buta warna sebelum melaksanakan pendaftaran. Waktu pendaftaran mahasiswa baru dibuka, mereka langsung saja memilih jurusan yang dikehendakinya. Begitu ada pengumuman bahwa mereka diterima, bukan main gembiranya. Namun ketika melakukan daftar ulang ternyata mereka tidak lulus tes buta warna. Sehingga mereka gagal kuliah dijurusan impiannya, walaupun demikian masih ada beberapa beberapa perguruan tinggi (kecuali kedinasan) yang memberikan dispensasi kepada mereka untuk tetap kuliah di perguruan tinggi tersebut dengan mengambil jurusan lain yang tidak mensyaratkan buta warna. Tentunya berdasarkan aturan perguruan tinggi tersebut.

Hampir semua jurusan eksakta (kecuali matematika dan Teknik Sipil) mensyaratkan calon mahasiswanya tidak buta warna, begitu pula dengan sebagian sekolah kedinasan. Untuk itu sebelum Anda menyesal di kemudian hari, ada baiknya anda melakukan tes buta warna dulu. Karena buta warna merupakan kelainan genetik, sehingga tidak dapat diobati.

Apabila anda berasal dari SMK (jurusan elektro, mesin) atau anda pernah mencari SIM tentu anda pernah melakukan tes ini. Namun apabila anda belum pernah melakukannya, silakan klik disini. Apabila anda belum yakin/puas bahwa anda buta warna atau tidak, anda dapat datang ke dokter untuk melakukan tes buta warna.

Akan tetapi apabila hasilnya nanti anda tetap buta warna, jangan sedih dan khawatir, masih banyak jurusan lain yang anda dapat anda ambil untuk mencapai sukses.


Tidak ada komentar: